Selamat menempuh Penilaian Akhir Semester 1, semoga para siswa memperoleh hasil yang memuaskan


SMAN 2 CIKARANG UTARA

NPSN : 20253190

Jl Raya Lemahabang Desa Simpangan Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi 17550


info@sman2cikut.sch.id

TLP : 021-89106357


          

Jajak Pendapat

Setelah lulus SMA saya akan
Kuliah
Kerja
Kuliah dan kerja
Menikah
Belum tahu
  Lihat

Statistik


Total Hits : 59462
Pengunjung : 15834
Hari ini : 16
Hits hari ini : 29
Member Online : 9
IP : 54.82.112.193
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Readaton Literasi Bulan November 2017




SEMANGAT PAHLAWAN  BERKOBAR DI SMAN 2 CIKARANG UTARA

      Setiap tanggal  10 November  bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan. Momentum perayaan ini tentunya bukan hanya sekedar hadiah, melainkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan,  hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

      Bila kita menengok sejarah masa lalu, perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah di bumi pertiwi  ini, tidak bisa dibayar dalam bentuk apapun.Mereka rela bertempur mati-matian di medan perang, dan tak pernah gentar meski nyawa menjadi taruhannya. Maka dari itu, rasanya tak berlebihan bila kita menundukkan kepala untuk mengenang jasa-jasa mereka saat Hari Pahlawan, 10 November ini.

     Sebetulnya apa  yang melatarbelakangi  tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan? Yang melatarbelakanginya adalah peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara Arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda.  Mantan pimpinan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indonesia (PRI) Sumarsono yang juga ikut ambil bagian dalam peperangan pada saat itu mengusulkan kepada Presiden Soekarno agar menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. 

      Kini, semangat  para pahlawan itu sampai  juga  di SMAN 2 CIKARANG UTARA.  Di hari Senin tanggal 6 November 2017  berselimut matahari yang sangat  cerah  menyemangati kegiatan literasi Seluruh siswa  hari ini  mengikuti kegiatan Readhaton .  Ini kali keempat kegiatan Readathon dilakukan di sekolah ini.    

     Seperti biasa kegiatan diawali dengan berdoa bersama sebagai wujud pengamalan kompetensi inti seperti yang tersirat dalam kurikulum pendidikan nasional. Dirangkai dengan menyanyikan lagu wajib nasional “Maju Tak Gentar”. Dengan menyanyikan lagu wajib ini, diharapkan para siswa memiliki karakter cinta tanah air.

       Kegiatan dibuka oleh ibu Lili Priyani M.M.Pd. , sebagai Tim Penggerak Literasi Sekolah. Beliau menyampaikan beberapa hal di antaranya:  jurnal literasi harus dikumpulkan untuk ditandatangani oleh penanggung jawab literasi sekolah, pohon literasi akan dinilai oleh tim penilai di minggu depan, dan memperkenalkan Sahabat Literasi . Berikutnya, Bapak Dwi Priyono, M.Si. selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan  Kurikulum menyampaikan kata sambutan dan memberikan motivasi kepada seluruh siswa untuk memanfaatkan waktu luangnya dengan kegiatan yang positif seperti membaca. Sebelum kegiatan Readhton yang akan dipimpin oleh Ibu Dian Kusumawardhani, S.Pd. dimulai,   Ibu Dian   menyampaikan pengarahan yang berisi motivasi kepada seluruh peserta didik untuk menyenangi membaca demi kesuksesan di masa depan, membaca adalah jembatan masa depan.  Beliau menyampaikan motivasi khususnya kepada siswa jurusan IPS dengan ungkapan  "science better more than but social ". Ungkapan ini bermakna  anak IPS  tidak kalah dari anak IPA  jika mereka memiliki kemauan untuk berubah. Dan  salah satu cara untuk berubah itu adalah dengan ‘membaca’. Setelah itu, membaca senyap pun dimulai . Tampak antusiasme seluruh peserta dalam membaca senyap bersama ini. Beberapa guru turut berperan serta. Semuanya larut dalam buku bacaannya masing-masing.

     Lima belas menit terlewati, kegiatan Readathon dilanjutkan dengan testimoni/presentasi hasil baca. Presentasi pertama dimulai dari Aryo Fadillah Akbar dari kelas X IPA- 3, dilanjutkan dengan Nissa  Uzzahron Nabila dari kelas X IPA-1. Nissa   memaparkan  buku  yang  bejudul  "The 17 Indisputable Laws of Teamwork".  Menurut hasil baca  Nissa , buku  ini berisi  tentang   cara membangun kerja  sama  tim, "hal yang besar tidak bisa di lakukan seorang diri".  Selanjutnya adalah penampilan dari Fidary Aufa dari kelas  XI IPA- 6  yang  bertutur  sejarah Kab.  Bekasi. Kab. Bekasi mempunyai seorang pahlawan   bernama Kyai Haji Noer Ali. Beliau  berjuang   melawan Belanda pada tragedi  Rawa Gede. Dengan semangat heroik , Kyia Haji Noer Ali  mengibarkan  bendera Merah Putih sepanjang jalan antara Bekasi – Karawang .Belanda pun  akhirnya  gencar mencari Kyai Haji  Noer  Ali. Usaha Belanda ini sia-sia karena  Beliau Belanda tidak bisa ditemukan. Atas jasa Beliau maka  gelar  pahlawan dari  Kab. Bekasi  layak disematkan di dada K yai Haji Noer Ali.

    Hujan rintik-rintik turun membasahi bumi Cikarang, setelah sekian lama membuat tanah  mengering, rumput meranggas, dan jelaga menutupi,  seiring dengan  berakhirnya kegiatan ini.  

 

SELAMAT HARI PAHLAWAN !

(Cikarang Utara , 6 November 2017, Tim GLS SMAN 2 CIKARANG UTARA )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas