Dalam rangka mendukung kelengkapan informasi sekolah terkait tunjangan dan lainnya, dihimbau kepada seluruh guru untuk segera mengisi quesioner PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan), paling lambat 30 September 2017

Kontak Kami


SMAN 2 CIKARANG UTARA

NPSN : 20253190

Jl Raya Lemahabang Desa Simpangan Kec. Cikarang Utara Kab. Bekasi 17550


info@sman2cikut.sch.id

TLP : 021-89106357


          

Jajak Pendapat

Setelah lulus SMA saya akan
Kuliah
Kerja
Kuliah dan kerja
Menikah
Belum tahu
  Lihat

Statistik


Total Hits : 56618
Pengunjung : 14773
Hari ini : 10
Hits hari ini : 20
Member Online : 9
IP : 54.225.36.143
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Persiapkan dirimu menghadapi US/UN

Tanggal : 12/03/2016

Untuk kalian para siswa yang duduk di bangku akhir sekolah dasar maupun menengah mungkin perlu membaca tips menghadap Unjian Nasional berikut ini.Apalagi ternyata tamu yang kalian tunggu-tunggu sudah semakin dekat saja.

Kabarnya pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menjadwalkan bahwa Ujian Nasional untuk SMA/MA/SMK/SMALB akan diselenggarakan kisaran tanggal 13-15 april 2015, sedangkan untuk SMP/MTs/SMPLB akan dimulai pada tanggal 27 april 2015.

Nah sebelum waktu itu benar-benar datang kamu perlu mempersiapkan diri dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Luruskan Niat Kuatkan Mental

Ini sebenarnya yang banyak luput dari kebanyakan siswa.Masih banyak diantara siswa yang tidak memiliki orentasi yang jelas. Sekolah hanya asal sekolah saja. Yang penting masuk sekolah,tiga tahun kemudian mendapat ijazah.

Yang benar, niatkanlah sekolah ini untuk mendulang ilmu yang bermanfaat. Sehingga Ujian Nasional bisa kamu anggap sebagai ajang evaluasi yang akan menunjukkan seberapa banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kamu serap selama ini.

Intinya,kuatkan dulu mentalmu !!!
Gak perlu takut dengan UN dan ingat bahwa:
"Ujian Untuk Menuntut Ilmu Bukan Menuntut Ilmu Untuk Ujian"

2. Buat Jadwal Belajar, dan konsisten dengan Jadwal

Buat kamu para juara,pasti belajar bukan sesuatu yang aneh kan ???
Membaca, mengerjakan PR, membuar rangkuman atau menghafal merupakan bagian dari belajar.
Tapi untuk sekarang, kamu perlu sesuatu yang lebih dari sekedar belajar.Kamu perlu membuat jadwal belajar yang lebih baik. Berikan alokasi wakru yang lebih untuk pelajaran yang kamu anggap sulit.Dan.... KONSISTEN.

3. Memahami SKL atau Kisi-kisi UN

Ingat waktu kamu tidak banyak lagi. Kurang efektif rasanya jika kamu harus membaca semua buku tebal yang pernah dipelajari dari semester awal pertama masuk ke sekolah.

Fahami saja SKL atau kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut. Ya paling tidak kamu bisa foto copy rangkuman milik teman, download dari internet atau membelinya di toko buku.

Baca: Download Kisi-Kisi Lengkap UN 2014-2015 SD, SMP dan SMA

4. Banyak Berlatih Soal UN

Nampaknya mulai sekarang kamu harus mulai terbiasa berkawan dengan soal-soal ujian. Kamu bisa download sebanyak-banyaknya soal dari internet. Atau kalau ingin lebih yakin lagi, kamu bisa belu buku kisi-kisi UN yang disusun sesuai dengan SKL/ kisi-kisi soal UN 2015.

5. Ikut dalam Sebuah Kelompok Belajar

Sebenarnya hal ini tidak mutlak dilakukan. Tapi dengan cara belajar berkelompok seperti ini, kamu bisa saling berbagi dan memecahkan hal-hal yang sukar difahami bersama dengan teman-teman. Dan inilah solidaritas yang benar, bukan dengan kerjasama berbagi contekan.

6. Tinggalkan Hal Yang Kurang Bermanfaat

Mulai sekarang mau tidak mau kamu harus mualai mendaftar kebiasaan-kebiasaan kurang penting yang selama ini sering kamu lakukan. Cobalah untuk mengurangi porsinya, bahkan bila perlu tidak ada salahnya kamu ambil tindakan ekstrim yaitu dengan meninggalkannya sama sekali.He he he ...cuma sementara kok !!!

7. Sesekali Bermain Untuk Menghilangkan Stres

Sesekali tidak ada salahnya jika kamu melakukan refresing. Sekedar jalan-jalan atau joging keliling komplek akan menjadikan fikiran lebih fress dan siap untuk diajak tempur kembali.

8. Jaga Kesehatan

Untuk beberapa hari ke depan pasti kamu akan penuh dengan banyak kegiatan.Baik itu dengan rutinitas biasa, ataupun dengan rutinitas tambahan seperti bimbel, belajar kelompok atau sejenisnya.

Oleh karena itu, menjaga tubuh tetap fit merupakan sebuah keharusan. Jangan sampai semua rutinitas yang sudah kamu jadwalkan dengan baik berantakan karena kamu harus terbaring lemah di tempat tidur.

9. Banyak berdo'a untuk Sendiri dan Orang Lain

Banyaklah berdo'a agar kamu dimudahkan dalam mengahadapi Ujian.Dan jangn lupa kamu juga harus berdo'a untuk keberhasilan temen-teman yang lain. Karena dengan seperti itu insyaAlloh urusanmu agan dipermudah oleh Alloh.

10. Serahkan Semuanya Pada Alloh

Manusia hanya bisa berusaha sembari berdo'a. Adapun ketetapan semuanya ada ditangan Yang Maha Kuasa. Maka bertawakal dan banyak mendekatlah kepada-Nya dengan berbagai ibadah dan kebajikan.


Nah itulah 10 Tips Mudah Menghadapi Ujian Nasional 2015. Semoga tips ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan jangan lupa bagikan kepada teman-teman anda.



Kembali ke Atas


Info Sekolah Lainnya :